ShoutMix chat widget

Senin, 21 Februari 2011

Departemen Sosial Masyarakat


Departemen Sosial Masyarakat

Fungsi

  1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas aksi sosial yang menitikberatkan pada usaha-usaha peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat terutama di bidang kesehatan sekaligus meningkatkan kepekaan sosial mahasiswa
  2. Memberikan bantuan segera kepada masyarakat dalam keadaan-keadaan darurat dengan mengerahkan segala potensi yang dimiliki sivitas akademika
  3. Melaksanakan suatu program kegiatan yang terencana untuk melakukan pembinaan terhadap suatu komunitas dan lingkungannyasebagai salah satu upaya penyehatan bangsa sekaligus sarana peningkatan keterampilan dan kepekaan mahasiswa

Struktur Kepengurusan

          Kepala Departemen   : Try Sadewo Primadana (K3 2009)
          Deputi                         : Aprilia  Widiyani (K3 2009)
                                     Affan Nurrohman Wiguna (K3 2009)
          Pusdatin                     : Rachmi Tri Wardani (K3 2009)
                                     Heny Auliawati (Kesmas 2010)
          Bendahara                  : Yossy Syarnen (K3 2009)
          Humas                        : Nursuci Fatmawati P (Kesmas 2010)
                                     Aulia Mutiara (Kesmas 2010)
                                     Rizky Indriani (Kesmas 2010)
          Kinanthi                      : Rafika Oktaviningrum  (KL 2009)
                                     Aliya Ayunita (PKIP 2009)
                                    Dwi Aprianto(Kesmas 2010)
                                    Floren Wahyu Purnomo (Kesmas 2010)
                                    Novalita Lamanda P (Kesmas 2010)
                                    Chandra Alfi Kusumadewi (Kesmas 2010)
          TTD                            : Amita Paramaldini (Gizi 2010)
                                     Tiranti Vindhagita Aisyah (K3 2009)
                                     Susi Lestari (Kesmas 2010)

Visi

BENEVOLENT, LOYAL, UNITY, EMPHATY
Dengan nilai dasar:
Fun In Responsive Effort

Misi

        Menjadikan sosmas sebagai wadah yang menampung, mengembangkan dan menyalurkan aspirasi sosial bagi segenap civitas akademika FKM UI.
        Menumbuhkan komitmen dan semangat kontribusi nyata civitas akademika FKM UI yang berkesinambungan dalam upaya pengembangan masyarakat.
        Mensinergiskan gerakan basis civitas akademika FKM UI melalui kegiatan pengabdian masyarakat.
        Meningkatkan kepedulian civitas akademika FKM UI terhadap masyarakat sekitar dengan kegiatan-kegiatan charity dan community development dengan tujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
        Membangun nuansa yang ceria, bersahabat dan bersemangat dalam upaya-upaya kepedulian terhadap sesama.

Program Kerja

1. BAntuan daN Dedikasi REKan-rekan Sekalian (BANDREKS)
Kegiatan ini dibagi menjadi dua kegiatan utama, yaitu penggalangan dana untuk korban bencana alam dan pembentukan tim tanggap darurat. Penggalangan dana dilakukan dengan metode keliling dan penyebaran amplop, selain itu, untuk bencana skala besar, juga akan dibuka posko bantuan. Pembentukan tim tanggap darurat didahului dengan seminar awalan dan pelatihan langsung.

2. Donor Darah (DORA)
Kegiatan ini bekerjasama dengan PMI untuk memfasilitasi sivitas akademika FKM dan masyarakat sekitar yang ingin mendonorkan darahnya. Kegiatan ini didahului dengan pembuatan daftar bank darah sivitas akademika FKM UI yang berisi nama, golongan darah, berat badan, varian, nomor Hp, kesediaan.

3. Rumah Jalanan dan Kakak Asuh (RUJAK)
            Kegiatan ini berupa penghimpunan dana dari sivitas akademika FKM yang nantinya akan disalurkan kepada adik asuh di rumah singgah Bina Tulus Hati dan sebagian digunakan untuk operasional kegiatan mengajar sebagai salah satu kegiatan dari RUJAK. Kegiatan ini menjadi wadah bagi anak-anak putus sekolah untuk mendapatkan pendidikan dan meringankan beban finansial yang diderita oleh anak-anak tersebut.

4. Kinanthi Project (community development)
             Kinanthi akan menitikberatkan pada upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan cara intervensi di bidang kesehatan terutama pada sektor preventif dan promotif yang memfokuskan pada pemuda-pemudi serta anak usia sekolah dasar. Kegiatannya meliputi rumah belajar, penyuluhan&pelatihan, pesantren kilat dan sekolah alam. Sasaran kegiatan ini ditujukan pada masyarakat desa Bedahan.

5. Preventor 
Kegiatan penyuluhan yang dilakukan di sebuah SD dalam upaya perubahan perilaku siswa untuk hidup sehat yang nantinya siswa yang disuluh mampu menjadi tutor sebaya untuk teman-temannya.    



6. FKM UI Peduli 2011
 (RB3 : Rangkul, Beri, Bina dan Berdayakan)
Kegiatan dengan rangkaian yang sangat panjang yang berupa kegiatan pemberian bantuan, pengembangan desa, penyuluhan ke sekolah-sekolah serta kegiatan lainnya yang merupakan inovasi dari PM terpilih. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui kesadaran untuk hidup bersih dan sehat.

7. SIGN (Social Campaign)
Kegiatan penyikapan isu-isu kesehatan dan lingkungan yang berupa pawai keliling di hari-hari peringatan. Di lengkapi dengan orasi dan pembagian souvenir. Bekerjasama dengan Kastrat dan HMD terlibat. SIGN dalam skala besar akan dilakukan pawai keliling UI dengan sepeda kuning sambil membagikan souvenir dan flyer pada Peringatan HKN.
8. SOSIS (Sosmas in News)
Pemberian informasi terkait isu terkini yang berhubungan dengan sosial masyarakat, mengupas sisi kehidupan orang-orang luar biasa yang terlupakan sekaligus mempublikasikan kegiatan-kegiatan sosmas.  SOSIS bertujuan untuk menginformasikan isu-isu tentang sosial masyarakat dan kegiatan Sosmas BEM IM FKM UI 2010 melalui media cetak dan media elektronik (blog)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More