Biro Media
Fungsi
• Melaksanakan distribusi arus informasi secara tertib dan professional
• Mengelola dan mengembangkan media informasi, baik dalam bentuk cetak maupun elektronik secara berkesinambungan
• Menumbuhkembangkan kemampuan jurnalistik mahasiswa FKM UI
• Menjalankan fungsi media sebagai sarana pencitraan positif BEM IM FKM UI, baik di tingkat FKM maupun UI
Susunan Kepengurusan
• Kepala Biro : Lara Rizka
• Deputi : Riri Fajriatul Izza
• Sekretaris : Amelia Yuri Karlinda
• Bendahara : Imas Arumsari
• Staf : Noviaji Joko Priono
Fitriatul Isnaini
Umi Lutfiah
Ary Dwiaji,
Yuridista Putri Pratiwi
Theresia,
Nunung Mulyani
Nurul Fadhilah
Nur Atika
Muhammad Habibi S,
Unun Khamida Q
Visi :
Inform TOTALLY, educate TOTALLY, represent TOTALLY to give a TOTAL benefit for all
*Diharapkan kebermanfaatan biro media dapat dirasakan oleh:
ü Anggota biro media itu sendiri (pengalaman, peningkatan skill, dsb)
ü BEM IM FKM UI (Pencitraan yang positif)
ü Civitas akademika FKM UI (informasi dan edukasi dari produk media)
Misi :
1. Pembentukan tim yang kompak dan berwawasan luas.
2. Mempertahankan kulitas yang sudah dicapai* oleh biro media di tahun sebelumnya
3. Memaksimalkan** pembuatan dari seluruh produk cetak media untuk dapat memenuhi kebutuhan informasi.
4. Go Online*** dengan meningkatkan pemanfaatan, kualitas serta promosi media web.
5. Pencitraan positif BEM IM FKM UI
*Kualitas yang sudah dicapai:
· Penanggapan isu yang berkembang dengan kritis
· Pencarian sumber data yang terpercaya
· Isi tulisan yang mudah dimengerti, sesuai dengan EYD, dan mengikuti kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar
· Pengemasan media cetak yang menarik dengan desain yang atraktif dan judul yang provokatif
· Produk memiliki nilai edukasi pagi pembaca
· Konsistensi tema utama produk yang terfokus pada Kesehatan dan pendidikan
**Yang ingin dimaksimalkan:
· Ketelitian pengecekan pra cetak untuk meminimalisir kesalahan
· Ketepatan waktu pengerjaan
***Urgensi Go Online :
· Dana yang terbatas tidak memungkinkan pencetakan media cetak dalam jumlah banyak. Lagipula peningkatan jumlah produk cetak pada akhirnya hanya akan menambah besar jumlah kertas yang akan terbuang sia-sia.
· Media Web memungkinkan penyediaan informasi yang lebih banyak.
Program Kerja:
PRODUK
ü Media Cetak
1. Buletin Media Preventia
Buletin berukuran A5 yang memberitakan berbagai hal seputar kesehatan, pendidikan, isu-isu nasional maupun lokal, serta berbagai kegiatan kemahasiswaan. Tema umum yang terdapat pada Meper terkait dengan suatu isu kesehatan dan atau pendidikan. Terbit 4 kali dalam setahun.
2. Monthly Preventia
Selebaran berukuran A4 yang merupakan bentuk mini dari media preventia. Pemberitaan isu yang terdapat pada montly preventia bersifat tidak terlalu mendalam jika dibandingkan dengan Media Preventia. Bertujuan untuk menyediakan informasi dengan lebih cepat. Terbit setiap bulan di masa aktif perkuliahan.
ü Majalah Dinding (Preventia On the Wall)
Media informasi yang ditempel di dinding berisi informasi singkat yang menarik untuk dibaca. Kontennya terdiri dari Monthly Preventia dalam ukuran lebih besar, Press release BEM, reportase kegiatan BEM, Pesan-pesan kesehatan serta kilasan isi website dan media preventia(konten masih mungkin di ubah). Layout hanya dibuat sekali (diusahakan yang tahan lama) dengan konten yang dapat diperbaharui.
Media website yang dimilikI BEM IM FKM UI, yang berisi profil dari BEM IM FKM UI, bentuk pdf. dari media preventia dan monthly Preventia, reportase lengkap dari seluruh kegiatan BEM IM FKM UI 2011, publikasi kegiatan BEM serta berbagai materi dan kajian dari seluruh bidang BEM. Dapat digunakan sebagai sarana diskusi bagi seluruh civitas FKM UI.
PROGRAM NON-Produk
ü Pelatihan Jurnalistik
Sarana untuk meningkatkan kemampuan jurnalistik yang mengundang orang yang berpengalaman di bidang jurnalistik untuk mengajarkan cara penulisan jurnalistik. Sasaran acara ini adalah seluruh civitas akademika FKM UI. Dilaksanakan pada minggu terakhir bulan April 2011.
ü Sayembara Artikel
Perlombaan membuat artikel untuk mewadahi aspirasi mahasiswa S1 FKM melalui tulisan. Pemenang Sayembara Artikel akan masuk ke dalam artikel Ekspresi Media Preventia, dan mendapatkan hadiah. Adapun bagi artikel yang tidak menjadi pemenang akan tetap dimasukkan kedalam website. Terdapat kemungkinan juga untuk dimasukkan kedalam Monthly Preventia. Tema sayembara disesuaikan dengan tema utama media preventia. Sayembara diadakan sebelum media preventia diterbitkan.
0 komentar:
Posting Komentar